Ringkasan Perdagangan IHSG dan Indeks Sektoral 20 Feb 2018


Figure 1: Daily Change IHSG dan Sektornya

Hari ini (20 Feb 2018), IHSG di tutup melemah -0.39%. Kenaikan di pimpin oleh AGRI dan FINANCE. Kenaikan di AGRI di dukung oleh kenaikan AALI, LSIP, dan DSNG. Kenaikan di Sektor Finance di dukung oleh BMRI, tetapi kenaikan BMRI +6.78% hari ini karena kenaikan semu karena Dark Pool (http://www.idsbuy.com/2017/12/dark-pools-ihsg-30-november-2017.html), di angkat naik di Closing, jadi bukan harga penutupan yang wajar.

MINING, PROPERTY, dan TRADE terkoreksi cukup dalam di bandingkan dengan IHSG, sedangkan koreksi terdalam ada di sektor MISC-IND (pemberat: ASII), CONSUMER (pemberat: HMSP, GGRM, ICBP, KLBF dan INDF), BASIC-IND (pemberat: TPIA, INTP, SMGR, BRPT dan SMBR).


Figure 2: Month to Date IHSG dan Sektornya

Berdasarkan data Month to Date (Figure 2), empat sektor yang jauh terbelakang di bandingkan dengan kenaikan IHSG (COMPOSITE) adalah BASIC-IND, AGRI, TRADE, dan MISC-IND. Yang menarik kenaikan sektor AGRI hari ini (20 Feb 2018) mengangkat Month to Date dari hari sebelumnya -1 menjadi -0.09%. Ada kemungkinan kenaikan karena adanya sentimen kenaikan harga CPO dan mungkin juga karena sentimen Laporan Keuangan Full Year 2017. Masih musim laporan keuangan dan Dividen, jadi tetap waspada, pasang selalu Trailing Stop sesuai dengan Trading Plan masing-masing.

Telegram Group Saham : https://t.me/sahamprofit