IHSG oh IHSG

Sudah cukup lama penulis belum memberikan “update” ulasan IHSG. Terakhir memberikan ulasan mengenai IHSG di awal Feb 2018 lalu. Ketika itu penulis menyebutkan Support IHSG 6415 dan sekarang sudah berada di bawah itu (Penutupan 19 Maret 2018 : 6289.57) Beberapa “Analysts” juga sudah memberikan analisanya dengan menggambarkan gambaran Pola Double Top seperti Figure 1, dan beberapa di antaranya menyebut IHSG sudah memasuki fase Bearish; dan memang benar pola Double Top umumnya merupakan tanda-tanda Bearish Reversal, tetapi TIDAK PASTI juga.

Kalau kita perhatikan, kenaikan IHSG mulai 4 Januari 2018 sampai dengan 29 Januari 2018 adalah +6.17% dan jika sekarang terkoreksi mendekati harga penutupan 4 Januari 2018; apakah wajar kita mengatakan IHSG sudah memasuki Bear Market? Menurut penulis, Belum.

Mari kita lihat tahapan dari Bull Market dan Bear Market menurut buku Technical Analysis of Stock Trends by: Robert D. Edwards, John Magee, W.H.X. Bassetti.
Bull Market memiliki Tiga Tahapan : 1. Accumulation (Akumulasi), 2. Steady Advance (Kelanjutan Kenaikan)  dan 3. Euphoria Market (Reaksi Berlebihan).
Bear Market memiliki Tiga Tahapan : 1. Distribution (Distribusi) , 2. Panic Selling (Masa Panik) dan 3. Distress Selling (Masa Putus Asa).

Di manakah posisi IHSG kita sekarang? Menurut penulis, saat ini IHSG memasuki tahap akhir dari Euphoria Market dari Bull Market. Apakah kemudian masuk langsung ke Bear Market? Belum tentu, saat ini sedang menguji Support 6220, selama bertahan di atas 6220, IHSG masih peluang naik kembali menuju ke 6415+

Saran dari penulis, tetap fokus kepada Saham-Saham yang ada di Portfolio masing-masing saja. Kalau kena Trailing Stop atau Stop Loss jual dulu jika anda adalah Trader. Bagi Investor, tergantung rencana Investasi anda. Yang menabung saham, juga bergantung seberapa lama anda akan menabung Saham dan apakah di tarik dulu tabungan sahamnya dan masuk kembali menabung saham kemudian.

Yang pasti Tetap Tenang, Sabar dan Disiplin selalu, karena bagaimanapun juga Panik akan merugikan anda sendiri.

IHSG 19 Maret 2018Figure 1: Daily Chart IHSG. Support 6220