Rekomendasi Saham IHSG 31 Agustus 2018

Disclaimer: Rekomendasi Saham di bawah ini di berikan di luar tanggung jawab penulis. Segala Keuntungan atau Kerugian ada di tangan Pembaca Sendiri. Tetap Sabar dan Disiplin baik dalam Trading maupun Investing. Penulis tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang di timbulkan oleh pembaca karena membaca ulasan di bawah ini.

PERINGATAN: Dilarang menyalin (copy and paste) tulisan yang ada di website, baik sebagian maupun seluruhnya kecuali dengan Izin tertulis dari Penulis DAN menyertakan sumber artikel. Setiap pelanggaran akan di tuntut sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku.

  1. Dari hasil Rapat Dewan Komisioner OJK, 30 Agustus 2018, menyebutkan “Stabilitas sektor jasa keuangan dan kondisi likuiditas di pasar keuangan Indonesia masih dalam kondisi terjaga, di tengah tekanan yang terjadi di pasar keuangan emerging markets.” *1
  2. Disebutkan juga, “Kredit perbankan dan piutang pembiayaan masing-masing tumbuh sebesar 11,34% yoy dan 5,53% yoy, meningkat dibandingkan bulan sebelumnya (10,75% dan 5,18%).” (lihat Figure 1)
  3. Koreksi yang terjadi kemarin terhadap BBRI, BMRI, BBTN dan BBNI menurut penulis masih wajar saja. Bagi Trader, tinggal perhatikan Trading Range yang sudah di bahas di Rekomendasi Saham sebelumnya.
  4. Koreksi pada IHSG hari ini di karenakan IHSG sudah hampir mencapai Resistance 6100, di tambah dengan tekanan kurs USD/IDR yang di tutup di All Time High 52 Minggu terakhir.
  5. Sektor AGRICULTURE masih cukup bagus Uptrendnya di dukung oleh saham-saham CPO seperti AALI, LSIP, TBLA, SIMP. Di tambah lagi dengan Sentimen berita B20, yang katanya akan memberikan dampak positif ke depannya. Kita nantikan saja Laporan Keuangan 3Q18.
  6. Kemarin saham CAMP sempat turun di bawah 396, namun berhasil rebound kembali dengan Volume cukup besar menjelang penutupan. Selama di atas 396, masih peluang naik ke 420 dan 460
  7. ITMG sudah melampaui Target Price 28000 dari Rekomendasi Saham 27 Agustus 2018, jangan lupa pasang Trailing Stop bagi yang sudah Buy. Bagi yang belum ada baiknya tunggu Koreksi.
  8. PWON jika berhasil naik ke atas 540+, Target Price terdekat 560 dan 600. 
  9. Rekomendasi Saham yang sudah di Rekomendasikan sebelumnya yang masih bagus, KLBF, PNBN, MAPI, BBCA, BJTM, ADRO, PTBA, INDY, ASII, SCMA, SRIL, UNTR, UNVR, ICBP
  10. Quick Trade JPFA 2150-2250, CPIN 5050-5200
  11. Hari ini jangan terlalu Agressive Buy, jagain saja Posisi yang sudah ada di Portfolio masing-masing. Kalau sudah terjual kena Trailing Stop atau Stop Loss, jangan terburu Buy Back. Kita lihat perkembangannya Minggu depan.
  12. Tetap Sabar, Tenang dan Fokus kepada Trading Plan yang sudah ada; karena jika anda terbawa emosi dan panik, tidak akan memberikan Manfaat. Tetap Semangat.
  13. Yang perlu di ingat, Investor yang Hebat, Trader yang Tangguh di hasilkan oleh Ombak Market yang Besar.
Data Pertumbuhan Kredit Indonesia Juli 2018
Figure 1: Data Pertumbuhan Kredit Indonesia
https://tradingeconomics.com/indonesia/loan-growth

Sumber berita:
1. https://www.ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/siaran-pers/Pages/Siaran-Pers-RDK-Agustus-Stabilitas-Terjaga-di-Tengah-Tekanan-Pasar-Keuangan.aspx