Rekomendasi Saham IHSG 14 Agustus 2018

Disclaimer: Rekomendasi Saham di bawah ini di berikan di luar tanggung jawab penulis. Segala Keuntungan atau Kerugian ada di tangan Pembaca Sendiri. Tetap Sabar dan Disiplin baik dalam Trading maupun Investing. Penulis tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang di timbulkan oleh pembaca karena membaca ulasan di bawah ini.

PERINGATAN: Dilarang menyalin (copy and paste) tulisan yang ada di website, baik sebagian maupun seluruhnya kecuali dengan Izin tertulis dari Penulis DAN menyertakan sumber artikel. Setiap pelanggaran akan di tuntut sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku.

  1. Kemarin di kejutkan dengan Koreksi IHSG yang dalam -3.55%, terparah dibandingkan Nikkei Jepang -1.98%, Hang Seng Hong Kong -1.52%, Shanghai -0.340 dan Singapore SGX -0.81%. Ada apa dengan IHSG tercinta?
  2. Ada yang menghubungkan dengan Krisis Keuangan di Turki yang menimbulkan kekhawatiran akan terjadi di Indonesia. Hal ini tidak benar.
  3. Faktor sebenarnya yang menekan IHSG adalah naiknya Indeks US Dollar yang mengakibatkan kurs USD/IDR melambung naik hampir 1% dan di khawatirkan akan menembus 14735+; nilai puncak tertinggi 29 Sept 2015. 
  4. Faktor lain adalah defisit neraca pembayaran Indonesia yang melebar dari 3.8 Miliar di Kuartal pertama 2018, menjadi 4.3 Miliar di Kuartal kedua 2018.
  5. Menurut Penulis, defisit neraca pembayaran masih cukup wajar karena tingginya permintaan Impor bahan baku yang turut menyebabkan kenaikan USD. Kalau permintaan bahan baku masih tinggi, berarti Roda Perekonomian Masih Berjalan dengan baik.
  6. Secara Fundamentals, laporan keuangan 1H18 20 Big Caps di IHSG juga rata-rata cukup bagus. Sektor perbankan yang mempunyai porsi Market Caps 23%, rata-rata bagus Laporan Keuangan 1H18.
  7. Sektor konsumer yang mempunyai porsi 16% juga cukup bagus, pendapatan rata-rata naik walaupun ada yang mengalami penurunan laba, akibat dari kenaikan beban.
  8. Jadi secara Fundamentals, IHSG masih bagus, tekanan hari ini hanya karena faktor Eksternal, yang menurut penulis hanyalah “Sementara” dan sentimen penurunan IHSG hari ini juga “berlebihan” karena Stabilitas Politik dan Ekonomi masih Bagus.
  9. Beberapa saham yang bagus untuk Buy on Weakness 1-3 hari ke depan adalah ASII, BBRI, BMRI, BBNI, BBTN, BBCA, ICBP, ANTM, ADRO, PTBA, ITMG, UNTR, ERAA, ACES, JSMR, INDF, CPIN, JPFA.
  10. Bagi yang sudah jual kena Stop Loss, jangan terburu-buru Buy Back, kita lihat 1-3 hari ke depan saja. Tetap tenang, karena bagaimanapun juga Panik tidak akan membawa Manfaat. Yang belum punya saham, tunggu dulu 1-3 hari ke depan, biarkan rasa panik mereda dulu.