Moving Average Envelopes

Moving Average adalah salah satu Indikator Teknikal yang sederhana dan banyak di gunakan yang menunjukkan rata-rata Harga saham dalam suatu periode tertentu. Moving Average 10 pada Daily Chart berarti harga (penutupan) rata-rata 10 hari terakhir.

Moving Average Envelopes atau biasa di sebut Moving Average Percentage Band adalah salah satu Indikator Teknikal berbentuk amplop/pita (Band) dengan menetapkan persentase batas atas dan batas bawah dari suatu Moving Average.

Dengan Moving Average sebagai basisnya, Moving Average Envelopes bisa dijadikan indikator kekuatan tren yang sedang berlangsung dan juga bisa digunakan untuk mengidentifikasi tingkat jenuh beli dan jenuh jual bila trennya relatif datar (Sideways). Jika harga mampu bergerak di atas amplop , maka pertanda kekuatan Uptrend/Bull sangat kuat, dan jika harga bergerak turun ke bawah amplop, kekuatan dari Downtrend Reversal/Bearish sangat kuat.

Moving Average Envelopes yang bergerak diagonal ke Bawah menandakan tren Bearish dan jika bergerak diagonal ke Atas menandakan tren Bullish. Jika bergerak ke samping pertanda dalam kondisi Sideways.

Untuk pengaturan periode Moving Average yang digunakan, umumnya tergantung tipe Trader nya, untuk jangka pendek bisa memakai MA21 dengan besarnya persentase +/- 5% pada Daily Chart, dan untuk Trader jangka Menengah bisa memakai nya pada Weekly Chart. Saya memakai Exponential Moving Average (EMA) 21 dengan persentase +/- 5%

Penggunaan Moving Average Envelope bukan Indikator tunggal dalam keputusan Buy/Sell, sebaiknya di gabungkan dengan Indikator Teknikal lainnya.

Berikut contoh penggunaannya:

Daily Chart WIKA dengan Moving Average Envelopes EMA 21 dengan Percentage: 5% Untuk Amibroker Formula Languagenya bisa di download di Amibroker AFL => Moving Average Percentage Band