Support dan Resistance

Support dan Resistance merupakan dasar yang paling penting dalam Analisa Teknikal. Mereka mencerminkan kekuatan permintaan (Demand) dan penawaran (Supply) yang mana satunya mendorong harga ke atas, dan yang lainnya menekan harga ke bawah. Ketika permintaan (Demand) meningkat, harga akan naik; sebaliknya ketika penawaran (Supply) meningkat, harga akan turun. Jika Permintaan dan Penawaran seimbang, maka harga juga akan cenderung bergerak datar.

Support adalah batas bawah suatu harga di mana permintaan dianggap cukup kuat untuk mencegah harga turun lebih lanjut. Setelah mencapai level tersebut di harapkan harga akan naik kembali karena harga sudah semakin murah, pembeli menjadi lebih cenderung untuk membeli dan keinginan penjual untuk menjual sudah berkurang. Jika harga masih jatuh di bawah Support berarti pasar akan membentuk harga Support baru di bawah level Support sekarang.

Resistance adalah batas atas suatu harga di mana tekanan jual cukup kuat untuk mencegah harga naik lebih tinggi. Keinginan jual lebih besar daripada keinginan membeli sehingga menekan kenaikan Harga dan cenderung akan turun. Ketika harga sudah mencapai Resistance, di sanalah Supply > Demand. Jika harga masih berhasil naik di atas Resistance berarti pasar akan membentuk batas atas Resistance baru yang lebih tinggi dari Resitance sekarang.

Resistance yang telah berhasil di tembus ke atas akan berubah menjadi Support, begitu juga sebaliknya, ketika Support di tembus ke bawah dan membentuk Support baru, maka Support sebelumnya akan menjadi Resistance yang baru.

Bagaimana cara menentukan Support dan Resistance?

Support di dapat dengan menarik Garis Support.  Untuk menarik garis Support, cari minimum Dua titik Swing Low, kemudian tarik garis lurus (umumnya). Resistance di dapat dengan menarik Garis Resistance.  Untuk menarik garis Resistance, cari minimum Dua titik Swing High, kemudian tarik garis lurus (umumnya). (c) Sunar Susanto https://t.me/sahamprofit


Swing Low: Low Price Candle yang di tengah lebih rendah daripada Low Price candle di sebelah kiri dan sebelah kanannya.
Swing High: High Price Candle yang di tengah lebih tinggi daripada High Price candle di sebelah kiri dan sebelah kanannya.

a

Gambar di atas contoh garis-garis Support dan Resistance, TLKM Daily Chart.