Detail Info Terkini

Turun 0,3%, Harga Minyak Brent jadi USD96,2 Per Barel

09 Agustus 2022 | Kategori : Keuangan

Beberapa produsen minyak mentah dunia seperti, Brent turun hingga 27 sen atau 0,3% menjadi USD96,38 per barel, hal ini memangkas kenaikan 1,8% pada sesi sebelumnya. Sementara itu, minyak mentah produksi West Texas Intermediate (WIT) AS menurun 24 sen setara 0,3% menjadi USD90,52 per barel setelah sebelumnya naik 2% di sesi sebelumnya. 

 

Dikutip dari Reuters, Perjanjian Nuklir Iran 2015 kini telah sampai pada teks ‘final’ yang menanti persetujuan kalangan politisi dunia. Salah satu yang terkait ialah Uni Eropa, yang pada Senin malam telah menerima teks ‘final’ tersebut dengan tujuan menghidupkan kembali kesepakatan nuklir Iran.

 

Persetujuan selanjutnya menunggu dari Washington dan Teheran. 

 

Perjanjian yang dimulai sejak tahun 2015 tersebut sempat terhenti pada masa kepresidenan AS, Donald Trump sehingga memberlakukan kembali sanksi ekonomi bagi Iran. 

 

Persetujuan akan perjanjian tersebut akan membuka kesempatan lebar bagi Iran untuk meningkatkan ekspor minyak sebesar 1 juta-1,5 juta barel per hari, atau hingga 1,5% dari pasokan global, dalam enam bulan.

 

Kendati demikian, perjanjian nuklir ini akan berdampak signifikan bagi harga minyak global saat ini. 

 

“Kebangkitan kembali perjanjian nuklir 2015 kemungkinan akan membuat harga minyak turun tajam mengingat pasar mungkin tidak percaya kesepakatan akan tercapai," kata Dhar pada Reuters hari ini. 

 

Jumlah permintaan minyak mentah kemungkinan tidak akan berkurang, ditambah dengan adanya data perdagangan China yang lebih kuat, dan dengan adanya percepatan pertumbuhan lapangan kerja AS pada Juli. 

 

Hingga kini, para pedagang masih terus mengawasi data persediaan minyak minggu AS, khususnya dari American Petroleum Institute di Selasa, kemudian dari Administrasi Informasi yang dikeluarkan pada Rabu.

 


Bagikan  
  137
0  Komentar

Beri Komentar & Nilai Artikel ini.

Email anda tidak akan ditampilkan

   Hubungi Kami