Detail Info Terkini

Ajaib dan Stockbit Sempat ERROR, Investor Ritel Rugi Miliaran ?

11 Agustus 2022 | Kategori : News

Aplikasi investasi saham Stockbit Sekuritas dan Ajaib Sekuritas yang sempat error kemarin (10/8/22) berbuntut kerugian miliaran rupiah pada para nasabahnya.
Maintenance selama 4 jam pada sesi I perdagangan kemarin, dinilai oleh para nasabah duo sekuritas ini sangat merugikan dan sangat mendadak.

Maintenance juga dicap sangat tidak masuk akal untuk dilakukan pada jam perdagangan karena sangat krusial bagi investor untuk tetap dapat bertransaksi pada jam perdagangan.

Salah satu akun di platform Stockbit bernama 'bongsor' pun langsung membuat polling yang intinya menanyakan berapa banyak kerugian nasabah karena maintenance yang berlangsung di tengah jam perdagangan.

Sebanyak 324 akun berpartisipasi dalam polling tersebut. Hasil dari survei tersebut sebanyak 25% nasabah melaporkan nilai kerugian kurang dari Rp 1 juta karena memang Stockbit Sekuritas serta Ajaib Sekuritas mayoritas diisi oleh investor ritel dengan modal kecil.

Akan tetapi, porsi nasabah yang melaporkan jumlah kerugian lebih dari Rp 100 juta mencapai 18% atau 58 orang yang artinya kerugian dari errornya Ajaib dan maintenance Stockbit menyebabkan investor merugi lebih dari Rp 5,8 miliar paling tidak menurut polling tersebut.

Dalam aplikasi Stockbit tertulis bahwa penyebab kendala tersebut karena sedang dilakukannya maintenance pada aplikasi.

PR & Corporate Communication Lead Stockbit William mengatakan, kemarin pagi terjadi gangguan sistem yang disebabkan oleh pihak ketiga. 

Aplikasi perdagangan saham Ajaib juga mengalami hal serupa. Ajaib tidak bisa diakses lantaran ada gangguan dari pihak ketiga.

Namun pada siang kemarin, aplikasi investasi Ajaib sudah kembali normal setelah mengalami kendala pada pagi hari. Gangguan yang disebabkan oleh partner pihak ketiga sudah berhasil teratasi sehingga pengguna dapat kembali melakukan trading investasi saham di platform tersebut.

"Gangguan yang disebabkan oleh partner pihak ketiga telah teratasi dan saat ini seluruh layanan telah beroperasi normal," ujar Direktur Utama PT Ajaib Sekuritas Asia Anna Lora dalam keterangan resmi, Rabu (10/8/2022).

Ajaib juga memastikan seluruh dana dan portofolio pengguna tetap aman. Selanjutnya, pihak Ajaib akan terus bekerja sama dengan partner pihak ketiga untuk memastikan hal tersebut tidak terjadi lagi.

"Ajaib secara aktif menerapkan dan memperbarui berbagai fitur keamanan agar pengguna dapat terus bertransaksi secara aman dan nyaman sebagai bentuk komitmen kami untuk memberikan layanan terbaik kepada pengguna," ujarnya.

Namun, beberapa nasabah yang melakukan komplain di media sosial juga menyuarakan bahwa kasus errornya Stockbit Sekuritas dan Ajaib Sekuritas tidak kali ini saja terjadi akan tetapi sudah sering di mana nasabah tidak dapat bertransaksi atau error ketika bertransaksi kala jam perdagangan dibuka sehingga dinilai merugikan pihak nasabah.

Buntut kejadian kemarin, Stockbit akan menggratiskan biaya broker sebagai bentuk kompensasi kepada para pengguna atas kendala yang terjadi.

PR & Corporate Communication Lead Stockbit William menyampaikan kepada para pengguna bahwa untuk seluruh transaksi jual dan beli saham selama tanggal 10-19 Agustus 2022, Stockbit akan menggratiskan biaya broker.


Bagikan  
  57
0  Komentar

Beri Komentar & Nilai Artikel ini.

Email anda tidak akan ditampilkan

   Hubungi Kami