Detail Info Terkini

BI: Ruang Kenaikan Suku Bunga Acuan Terbuka

12 Agustus 2022 | Kategori : Ekonomi

Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo mengungkapkan, tatkala banyak bank sentral negara yang langsung bersifat hawkish atau menaikan suku bunga acuan dalam meredam inflasi, namun BI sampai saat ini masih akan terus melakukan review dan mengkalibrasi kebijakannya.

Pasalnya, kata Dody, kebijakan suku bunga acuan BI dilihat dari inflasi inti yang menggambarkan langsung kondisi permintaan masyarakat di tanah air. Di mana hingga Juli 2022, inflasi inti di Indonesia masih pada level 2,86% (year on year/yoy), lebih rendah dari inflasi umum 4,94% (yoy).

Kendati demikian, ruang penyesuaian suku bunga acuan oleh Bank Indonesia terbuka lebar. Namun dengan catatan, bahwa kebijakan preemptive BI tidak semata harus dilakukan melalui suku bunga.

Seperti diketahui, di tengah meningkatnya ketidakpastian global, BI meyakini fundamental ekonomi Indonesia tetap baik, yang membuat BI tetap percaya diri mempertahankan tingkat suku bunga acuan di level 3,5%.

Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada 20-21 Juli 2022 memutuskan untuk mempertahankan BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) sebesar 3,5%, suku bunga Deposit Facility sebesar 2,75%, dan suku bunga Lending Facility sebesar 4,25%.


Bagikan  
  78
0  Komentar

Beri Komentar & Nilai Artikel ini.

Email anda tidak akan ditampilkan

   Hubungi Kami