Detail Info Terkini

Cara Belajar Investasi Saham dan Medianya 

14 Mei 2022 | Kategori : Saham

Apabila Anda tertarik untuk berinvestasi, saham bisa menjadi pilihan. Namun, selain memberi keuntungan yang besar saham juga berisiko tinggi. Oleh karena itu, kami akan hadirkan cara belajar investasi saham khususnya bagi investor pemula 

 

Dalam investasi saham, Anda bisa memilih metode investasi berdasarkan jangka waktu. Bisa short term dengan melakukan trading. Sementara untuk jangka panjang atau long term, dengan menjadi pemilik saham tetap.

 

Nah, mana yang paling cocok dan aman bagi pemula? Supaya tidak salah pilih, Anda bisa memahami ulasan terkait cara investasi saham berikut ini. 

 

3 Cara Belajar Investasi Saham untuk Meraih Keuntungan 

 

Apa itu saham? Saham merupakan instrumen investasi berupa bukti kepemilikan nilai, atas sebuah perusahaan. Namun, investasi ini memerlukan pemahaman yang hanya bisa Anda peroleh dengan cara belajar investasi saham. 

 

Supaya bisa meraih cuan, Anda harus paham mengenai analisa grafik saham, strategi menekan risiko, dan membaca pola masa lalu maupun memprediksi pola masa depan.  Hal ini lebih kepada investasi saham jangka panjang dengan keuntungan berupa deviden. 

 

Sementara untuk investasi saham jangka pendek atau trading, Anda harus update harga pasar supaya bisa menjual serta membeli di saat yang tepat. Selain itu, juga harus bisa membaca peluang saham yang potensial. Keuntungan bermain saham dengan cara trading ialah selisih harga beli dan jualnya. Anda bisa melakukan trading meski  berinvestasi di bawah satu tahun. 

 

Apapun metode investasi saham yang akan Anda pilih, pastikan untuk mempelajari beberapa hal penting berikut ini. 

 

1. Kondisi Keuangan Stabil 

Pada saat Anda tertarik berinvestasi saham, hal pertama adalah memastikan stabilitas keuangan. Hal ini dikarenakan, untuk investasi saham idealnya 10% dari pendapatan Anda. Dengan berinvestasi jangka panjang atau menjadi investor tetap, keuntungan yang diperoleh akan lebih maksimal. 

 

Jadi, apabila secara finansial belum siap, Anda bisa mencari pemasukan tambahan terlebih dahulu. Dengan begitu, apabila investasi mengalami kerugian tidak akan mengacaukan finansial Anda karena tidak mampu memenuhi kebutuhan pokok. 

 

2. Tambah Informasi dan Pelajari dari Situs Resmi 

Sebelum berinvestasi, Anda harus benar-benar memahami cara kerja, peluang, juga risiko dari investasi saham ini. Supaya lebih mudah, Anda bisa menggali informasi dari situs resmi BEI. Di sana Anda bisa dapatkan informasi pergerakan IHSG, emiten terdaftar, dan juga laporan keuangannya yang bisa dijadikan pertimbangan. 

 

Selain itu, Anda juga bisa mengikuti kelas belajar investasi saham yang diselenggarakan oleh BEI maupun perusahaan sekuritas. Bergabung di komunitas investor saham, atau membaca buku panduan berinvestasi saham. 

 

3. Diversifikasi 

Salah satu cara menekan risiko kerugian terlalu besar dalam investasi saham ialah melakukan diversifikasi. Di mana Anda membeli beberapa saham di sektor berbeda, dan bukan memusatkan seluruh modal di satu saham saja. Dengan begitu, ketika salah satu rugi, masih ada peluang untung dari saham lainnya. 

 

Lalu, di mana Anda bisa berinvestasi saham? Selain melalui perusahaan sekuritas, Anda juga bisa investasi secara online melalui aplikasi yang diluncurkan beberapa perusahaan sekuritas. Pastikan bahwa perusahaan atau aplikasi tersebut terdaftar di BEI sehingga tidak berisiko investasi bodong. 

 

Demikian ulasan yang kami berikan terkait cara belajar investasi saham khususnya bagi investor pemula berikut dengan media investasinya. Semoga dengan adanya ulasan ini, dapat membantu Anda untuk bisa menghasilkan keuntungan maksimal dari investasi saham yang Anda.


Bagikan  
  42
0  Komentar

Beri Komentar & Nilai Artikel ini.

Email anda tidak akan ditampilkan

   Hubungi Kami