Detail Info Terkini

5 Jenis Investasi Saham Untuk Pemula dengan Modal Kecil

14 Mei 2022 | Kategori : Investasi

Jenis investasi untuk pemula - Istilah investasi pastinya sudah tidak asing lagi. Akan tetapi, meskipun begitu masih banyak masyarakat kita yang enggan untuk memulai karena ketakutan mengalami kerugian. Padahal investasi sendiri memiliki dua hal, untung atau rugi.

 

Di lain sisi, ada pula beberapa orang yang sudah mulai memiliki ketertarikan terhadap investasi sayangnya bingung ingin memulai investasi di mana. Karena seperti yang kita ketahui, sekarang sudah banyak jenis-jenis investasi yang bisa dipertimbangkan. Oleh karena itu, pada kesempatan ini kita akan mengulas tentang jenis investasi untuk pemula.

 

Jenis Investasi untuk Pemula

 

Tidak sedikit investor pemula yang kebingungan dalam memilih langkah pertama untuk berinvestasi. Hal tersebut dipengaruhi oleh banyaknya jenis investasi yang kini tersedia. Mungkin banyak kita yang bertanya-tanya manakah investasi yang lebih baik atau jenis investasi apa yang bisa lebih menguntungkan.

 

Agar bisa menjawab pertanyaan tersebut tentunya Anda harus memahami jenis investasi yang memiliki jangka waktu dan profil risiko yang sesuai dengan kebutuhan finansial.

 

Di bawah merupakan jenis investasi untuk pemula yang bisa Anda pertimbangkan.

 

1. Reksadana

 

Investasi reksadana merupakan instrumen investasi yang bisa dikatakan cocok untuk pemula, khususnya yang mempunyai waktu dan dana terbatas. Reksadana sendiri yaitu wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat (investor) untuk diinvestasikan dalam portofolio efek oleh manajer investasi.

 

Di mana nantinya porsi penempatan dana pada pasar uang, saham dan surat utang akan diatur oleh manajer investasi.Selain itu, manajer investasi juga akan menentukan komposisi saham yang bisa dibeli untuk mendapatkan keuntungan. 

 

2.Emas

 

Emas dapat menjadi pilihan investasi selanjutnya untuk investor pemula. Karena selain harga yang cenderung naik, saat ini cara investasi emas semakin mudah. 

 

Apabila Anda tertarik melakukan investasi emas, maka keuntungan yang akan Anda dapatkan adalah likuiditas yang tinggi. Artinya Anda dapat mencairkannya secara cepat dan kapan saja apabila Anda membutuhkan dana.

 

Namun, jika ingin mendapatkan keuntungan yang maksimal Anda sebaiknya investasi emas untuk jangka panjang. Seperti 10 hingga 20 tahun ke depan.

 

3. Investasi saham

 

Investasi saham menjadi salah satu investasi yang saat ini tren di kalangan anak muda. Hal tersebut dikarenakan keuntungan dari investasi saham relatif lebih besar apabila dibandingkan dengan jenis investasi lainnya. 

 

Namun, Anda harus paham jika investasi saham mempunyai risiko yang tinggi. Hal tersebut dapat dilihat dari fluktuasi di pasar saham yang terjadi setiap hari mempengaruhi imbal hasil dari saham yang dimiliki.

 

4. Surat Berharga Negara (SBN)

 

Surat Berharga Negara atau yang kita kenal pula dengan obligasi merupakan salah satu investasi yang bisa dipilih oleh pemula. Terlebih saat ini Anda dapat membeli Surat Berharga Negara secara online. 

 

SBN merupakan jenis investasi yang dapat dipilih karena terbilang menjanjikan keuntungan yang cukup besar, yakni sekitar 6%. Belum lagi investasi satu ini cukup aman karena dijamin oleh pemerintah.

 

5. Investasi deposito

 

Deposito merupakan investasi berjangka yang mana keuntungannya dapat diambil dalam jangka waktu tertentu. Berawal dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, hingga 24 bulan. Jadi, dana yang kita tempatkan di deposito tidak likuid atau tidak dapat dicairkan sewaktu-waktu.

 

Namun, keuntungan yang diberikan berbeda-beda. Hal tersebut tergantung pada kebijakan masing-masing bank.

 

Sekarang ini ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk investasi ditambah ide investasi modal kecil beserta segala fasilitasnya. Hanya saja, kuncinya yakni kemauan dan ketekunan serta membangun kepercayaan.


Bagaimana apakah dari jenis investasi untuk pemula yang dirangkum di atas sudah ada yang menarik minat Anda?


Bagikan  
  31
0  Komentar

Beri Komentar & Nilai Artikel ini.

Email anda tidak akan ditampilkan

   Hubungi Kami