Detail Info Terkini

Peduli Lingkungan, Indocement (INTP) Perkuat Kolaborasi Pengelolaan Sampah

26 Agustus 2022 | Kategori : News


Program ini merupakan serangkaian program kolaborasi dengan berbagai pihak untuk keberlanjutan lingkungan hidup yang lebih baik dimasa yang akan datang. 

Melalui program #Trashback Indocement

akan melaksanakan beragam inisiatif hijau seperti pengumpulan kembali sampah kantong semen Tiga Roda, pengelolaan dan daur ulang sampah menjadi bahan bakar alternatif, pembangunan tempat pengelolaan sampah di beberapa lokasi serta edukasi masyarakat mengenai pengelolaan sampah.

Sebagai langkah awal dari kolaborasi ini pada Kamis, 25 Agustus 2022, Indocement menandatangani perjanjian kerja sama pengumpulan kembali sampah kantong Semen Tiga Roda dari pengguna untuk dimanfaatkan Kembali dengan platform ekonomi sirkular Octopus dan PT Bangunperkasa Adhitamasentra (GRC Board). 

Melalui kerja sama ini, Indocement akan memanfaatkan aplikasi Octopus untuk mengumpulkan kembali sampah kantong semen dari pengguna untuk dimanfaatkan kembali. Selain itu, Indocement juga siap untuk memanfaatkan sampah yang tidak bisa didaur ulang oleh Octopus untuk dijadikan sebagai bahan bakar alternatif pada operasional pabrik semen, sedangkan PT Bangunperkasa Adhitamasentra akan memanfaatkan kantong semen Tiga Roda bekas sebagai material alternatif dalam memproduksi papan semen.

Direktur Indocement, Troy D. Soputro mengungkapkan, kolaborasi ini adalah langkah awal dari program #Trashback yang merupakan salah satu bentuk komitmen Indocement untuk keberlanjutan lingkungan hidup di masa mendatang. 

Dalam kesempatan yang sama Troy juga menambahkan bahwa komitmen terhadap lingkungan hidup bukanlah hal yang baru bagi Indocement, sebelumnya Semen Tiga Roda dengan MASTERTECH Formula telah menghasilkan berbagai produk ramah lingkungan yang telah diakui dan mendapatkan sertifikasi GOLD dari Green Label Indonesia. 

Selain itu, Indocement juga terus berkomitmen untuk menjaga proses produksi yang rendah emisi gas rumah kaca melalui berbagai upaya serius seperti peningkatan konsumsi bahan bakar dan bahan baku alternatif, efisiensi energi, penggunaan sumber energi terbarukan serta meningkatkan produksi semen hijau. 

Hal ini sejalan dengan Indocement New Purpose yaitu Material to Build Our Future. General Manager Alternative Fuel dan Alternative Material Indocement, Soegito Kurniawan mengungkapkan, Indocement terus mengembangkan teknologi pemanfaatan bahan bakar alternatif dalam proses produksi, termasuk pemanfaatan sampah non-recyclables yang telah memenuhi ketentuan kualitas untuk mendukung proses produksi semen. 

Direktur PT Bangunperkasa Adhitamasentra, Veronica S. Rachim menyatakan bahwa program ini merupakan program yang sangat positif dan GRC Board berkomitmen untuk mendukung program #Trashback dan siap memanfaatkan kembali sampah kantong semen Tiga Roda untuk menjadi material dalam memproduksi papan seme


Bagikan  
  68
0  Komentar

Beri Komentar & Nilai Artikel ini.

Email anda tidak akan ditampilkan

   Hubungi Kami