Detail Info Terkini

video milik EMTK jadi Trending Topic di twitter

21 November 2022 | Kategori : Keuangan

Namun demikian, hingga berita ini tayang, belum ada penjelasan resmi dari pihak Vidio.com.

emtek

Tangkapan gambar trending topic Minggu (20/11/2022) di platform media sosial Twitter. /Bisnis
Adaapun, Vidio menjadi platform OTT pemegang hak siar Piala Dunia 2022 di Indonesia. Platform tersebut menayangkan total 64 pertandingan yang akan digelar di hajatan sepak bola antarnegara paling bergengsi di dunia tersebut.

Sekadar informasi, Vidio melakukan konsolidasi ke struktur usaha SCMA sejak 2019 lalu. SCMA mengakuisisi 99,99 persen saham Vidio pada 2019 senilai Rp104,14 miliar.

Akuisisi itu merupakan transaksi afiliasi karena mayoritas saham Vidio dicaplok dari PT Mediatama Anugrah Citra yang juga merupakan entitas usaha PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (EMTK) alias Emtek.

Dengan demikian, boleh dibilang Vidio merupakan cucu usaha dari EMTK yang dimiliki oleh keluarga taipan Sariaatmadja. Kepemilikan saham keluarga tersebut di Emtek, per 31 Mei 2022, mencapai 22,9 persen.

Baca Juga : Soal IPO Vidio, Grup Emtek SCMA Beri Penjelasan
Sementara itu, kepemilikan saham Emtek tidak hanya dikuasai secara mutlak oleh Keluarga Sariaatmadja. Sebab, dalam struktur kepemilikan saham perseroan, terdapat nama Anthoni Salim yang merupakan petinggi Grup Salim. Per 31 Mei 2022, kepemilikan saham Anthoni di Emtek mencapai 9 persen.

Di sisi lain, keberadaan Vidio tersebut rupanya berhasil menarik perhatian dari salah satu private equity terbesar di Asia yakni Affinity Equity Partners. Pada 1 November 2021, Vidio mendapatkan suntikan modal senilai US$150 juta dari Affinity Equity Partners.

Aksi korporasi itu membuat, kepemilikan SCMA di Vidio mengalami dilusi menjadi 83,33 persen. Hingga 31 Maret 2022, Vidio tercatat memiliki total aset Rp2,45 triliun.

Tidak berhenti di situ saja, pada tahun ini sejumlah perusahaan raksasa termasuk Grup Sinarmas dan bos Bola United turut menyuntikkan dananya ke Vidio.

Pada Juni lalu, PT Ekonomi Baru Investasi Teknologi bergabung bersama dengan Grab LA Pte. Ltd. yang merupakan grup dari Grab Inc; entitas Grup Sinarmas yakni PT DSST Video Gemilang; dan penyerta modal lainnya mengalirkan investasi senilai total US$45 juta ke Vidio.

Transaksi yang berlangsung pada 14 Juni 2022 itu kembali menggerus porsi kepemilikan SCMA di Vidio menjadi 79,37 persen. Meski begitu, SCMA tetap menjadi pemegang saham pengendali Vidio.


Bagikan  
  84
0  Komentar

Beri Komentar & Nilai Artikel ini.

Email anda tidak akan ditampilkan

   Hubungi Kami