Detail Info Terkini

Subsidi Motor Listrik Rp 6,5 Juta/Unit, Kegedean Gak Sih?

02 Desember 2022 | Kategori : News

Pemerintah sedang mengkaji kebijakan memberikan insentif atau diskon sebesar Rp 6,5 juta/unit untuk kendaraan elektrifikasi, khususnya motor. Namun untuk mencapai angka tersebut bukanlah hal mudah karena anggaran pemerintah juga terbatas.
"Untuk motor, (insentif Rp 6,5 juta/unit) dirasakan cukup besar," kata Pengamat Otomotif Bebin Djuana kepada CNBC Indonesia, Kamis (1/12/22).
Upaya menarik minat masyarakat agar beralih menuju kendaraan elektrifikasi memang bukan hal mudah. Memberi diskon harga kendaraan bisa menjadi salah satu cara demi menekan harga yang ditanggung masyarakat.

"Memang diawal peralihan dari kendaraan konvensional ke listrik diperlukan subsidi pemerintah, karena harga kendaraan listrik lebih mahal dibanding kendaraan konvensional," sebut Bebin.
Negara lain seperti Thailand sudah memberi insentif kendaraan elektrifikasi sejak Februari 2022. Besarannya tidak tanggung-tanggung, mencapai 3 miliar baht atau Rp 1,3 triliun selama 2022. Dengan uang tersebut, ada beberapa kendaraan yang mendapat subsidi.
Khusus motor mendapatkan subsidi 18.000 baht atau sekitar Rp8 juta. Kemudian full electric vehicle (BEV) berkapasitas 30 kWh ke atas mendapat relaksasi 150.000 baht, sementara untuk kendaraan 10-30 kWH mendapat relaksasi setengahnya atau sekitar 70.000 baht.
"Hal tersebut lazim dilakukan negara-negara yang serius pada peralihan ini. Tentu diperlukan kesiapan produsen untuk menyediakan produknya agar program ini sukses," sebut Bebin.

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang pun sudah mulai terbuka akan rencana tersebut. Dia mengaku sudah memberi usulan insentif kendaraan listrik kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani.
"Kalau ada subsidi dari negara, negara atau Kemenkeu punya space fiskal untuk itu, Alhamdulillah. Kebijakan fiskal kan ada di Kemenkeu, kami mengusulkan," katanya di Hotel Grand Hyatt, Rabu (30/11/2022).
Wacana pemberian insentif ini awalnya diungkapkan oleh Menko Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan. Dia mengatakan pemerintah tengah melakukan finalisasi aturan pemberian subsidi sekitar Rp 6,5 juta untuk pembelian per unit motor listrik. Hal yang sama juga tengah disiapkan untuk pemberian subsidi mobil listrik.
"Subsidi sepeda motor sedang finalisasi berapa juta kita mau kasih subsidi, sepeda motor mungkin Rp 6 juta. Di Thailand Rp 7 juta, di kita mungkin Rp 6,5 juta, kira-kira berkisar segitu. Mobil berapa juta kita mau kasih," ungkap Luhut dalam acara Welcoming Stronger Investment Post-Pandemic, dikutip Rabu (30/11/2022).

 


Bagikan  
  70
0  Komentar

Beri Komentar & Nilai Artikel ini.

Email anda tidak akan ditampilkan

   Hubungi Kami