Detail Info Terkini

Apa Saja Manfaat Pasar Modal bagi Perusahaan, Investor, dan Negara?

29 Juni 2022 | Kategori : Investasi

Pasar modal merupakan wahana untuk memperoleh modal dari investor. Banyak manfaat pasar modal yang didapatkan banyak pihak mulai dari masyarakat yang menjadi investor, pemerintah dan juga perusahaan. 

 

Kegiatan jual beli instrumen investasi seperti reksadana, saham, obligasi dan lainnya ini terus berlangsung. Modal yang didapatkan pun bisa berupa jangka banyak dan tanpa batas. Setelah mengenal fungsi pasar modal ini, kenali juga manfaatnya secara spesifik. 

 

Deretan Manfaat Pasar Modal untuk Perusahaan hingga Pemerintah 

 

Pengertian pasar modal juga telah disebutkan dalam UU Pasar Modal Nomor 8 Th 1995. Artinya kegiatan yang terjadi di pasar modal sah dan memiliki fungsi penting bagi negara. Pengelolaan pasar modal di Indonesia sampai saat ini dilakukan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI). 

 

Lalu apa saja manfaat yang dihadirkan pasar modal di Indonesia? Simak beragam manfaatnya berikut:

 

1. Manfaat bagi Perusahaan 

 

Ada beberapa manfaat pasar modal bagi perusahaan yang dapat diperhatikan. Pertama adalah untuk meningkatkan perkembangan lembaga atau perusahaan yang menggunakan modal. Sehingga dapat bekerja profesional dan memberikan layanan terbaik sesuai dengan bidangnya. 

 

Kedua adalah untuk memperbaiki citra perusahaan. Dana yang dihimpun bisa berjumlah besar dan langsung diterima. Jangka waktu penggunaannya tidak terbatas dengan tanpa perjanjian sehingga pengelolaan modal bebas dilakukan oleh manajemen perusahaan. 

 

Pasar modal juga bermanfaat untuk penyebaran kepemilikan perusahaan. Karyawan di suatu perusahaan bisa membeli saham dari perusahaannya sendiri yang bisa menjadi iklim usaha lebih sehat. 

 

2. Manfaat bagi Investor 

 

Pemodal yang memasukan dananya di pasar modal untuk membeli instrumen investasi bisa dilakukan oleh masyarakat atau bahkan perusahaan sekalipun. Mereka disebut dengan investor. Manfaat pasar modal bagi investor juga cukup beragam, pertama adalah memperoleh keuntungan baik itu bentuknya dividen, capital gain, bunga dan masih banyak lagi. 

 

Selain itu, pasar modal juga menjadi alternatif investasi yang bisa dilakukan selain properti, emas, dll. Banyaknya instrumen investasi yang tersedia dapat disesuaikan dengan profil risiko yang dimiliki oleh investor. Dana yang bisa digunakan pun juga bisa disesuaikan dengan modal yang dimiliki. 

 

3. Manfaat bagi Pemerintah/ Negara 

 

Setidaknya ada dua fungsi dari pasar modal bagi pemerintah yaitu ekonomi dan juga keuangan. Kedua fungsi ini nantinya akan memberikan beberapa manfaat bagi pemerintah seperti, pertama meningkatkan lapangan kerja karena semakin banyak perusahaan profesional yang bisa memperoleh modal dengan mudah. 

 

Meningkatnya lapangan pekerjaan berdampak baik terhadap roda perekonomian. Daya beli yang meningkat berarti perekonomian negara terus membaik. Manfaat kedua adalah untuk meningkatkan pembangunan. Adanya potensi masyarakat menjadi sumber pembiayaan bisa memudahkan pembangunan di daerah. 

 

Manfaat ketiga adalah menjadi sumber pendapatan negara dalam bentuk pajak. Setiap investor dan perusahaan yang melakukan aktivitas di pasar modal akan dikenakan pajak. Besar kecilnya pajak disesuaikan dengan nominal transaksi dan instrumennya. Hasil pajak ini nantinya akan masuk ke kas negara. 

 

Ada satu lagi manfaat bagi pemerintah yaitu menarik investor asing. Hadirnya investor asing akan membuat pengembangan usaha menjadi lebih besar, tidak jarang perusahaan pun go internasional bekat investor asing. 

 

Manfaat pasar modal ternyata tidak hanya dinikmati oleh segelintir orang saja. Semakin hari, jumlah investor meningkat begitu juga dengan perusahaan yang membuka kepemilikan saham pada masyarakat umum.  

 

Dilihat dari hal ini, kondisi ekonomi suatu negara pun bisa lebih kuat dan memungkinkan negara berkembang jadi negara maju. 

 


Bagikan  
  110
0  Komentar

Beri Komentar & Nilai Artikel ini.

Email anda tidak akan ditampilkan

   Hubungi Kami