Detail Info Terkini

Mengapa Perusahaan Go Private? Cek Alasannya

19 Juli 2022 | Kategori : Keuangan

Tahukah Anda mengapa perusahaan go private sekaligus alasannya melakukan itu? Hal ini tentunya bertentangan dengan sistem IPO (Initial Public Offering) atau disebut juga dengan go public.

 

Kondisi perusahaan go private melakukan tindakan penutupan semua aliran modal publik. Hal tersebut dilakukan karena berbagai faktor sekaligus beberapa alasan yang melatarbelakanginya. Tidak hanya itu, perusahaan yang memutuskan untuk go private biasanya secara otomatis keluar (delisting) dari BEI (Bursa Efek Indonesia).

 

Secara hukum, perusahaan go private melakukan pengubahan status dari perusahaan terbuka atau yang disebut dengan Tbk menjadi perusahaan tertutup. Oleh karena itu pemilik perusahaan mengambil komisi pertukaran sekuritas sekaligus saham yang dimiliki oleh publik menjadi milik pribadi ataupun kelompok kecil para pemegang saham.

 

Selain itu, beberapa alasan sekaligus permasalahan tertentu membuat perusahaan terbuka bisa mengajukan permohonan untuk go private. Sehingga perusahaan bisa tetap bertahan dan memulihkan kondisi finansial atau keuangan yang dimiliki perusahaan.

 

Keuntungan menjadi perusahaan yang go private juga cukup menarik. Seperti halnya kebebasan dalam mengelola operasional perusahaan tanpa perlu melibatkan pihak eksternal seperti akuntan publik.

 

Tidak hanya itu, perusahaan private biasanya cenderung lebih fleksibel daripada perusahaan terbuka. Sehingga perusahaan lebih bebas merencanakan sekaligus merealisasikan program yang diinginkan dalam jangka panjang.

 

Bahkan, pihak perusahaan dengan sistem tertutup tidak memiliki tanggungjawab pada pihak eksternal karena tidak menggunakan pendanaan dari publik. Sehingga komisaris dan direktur perusahaan hanya perlu mempertanggungjawabkan laporan keuangan perusahaan pada kelompok kecil pemegang saham.

 

Alasan Mengapa Perusahaan Melakukan Go Private

 

Ada beberapa alasan yang perlu Anda ketahui mengapa perusahaan terbuka beralih menjadi perusahaan go private. Yuk, simak beberapa alasan berikut yang seringkali melatarbelakangi status sebuah perusahaan.

 

1. Tidak Adanya Kebutuhan Dana Tambahan

 

Alasan pertama mengapa perusahaan mengubah status menjadi perusahaan tertutup karena tidak adanya kebutuhan dana tambahan. Sehingga perusahaan memutuskan menghentikan aliran dana dari publik karena tidak membutuhkan pendanaan tambahan untuk melanjutkan pengoperasian perusahaan.

 

2. Saham yang Diperdagangkan Tidak Likuid

 

Alasan selanjutnya yang juga seringkali melatarbelakangi pengubahan status dari perusahaan terbuka menjadi perusahaan tertutup karena saham yang diperdagangkan di BEI tidak likuid. Hal tersebut mengakibatkan presentase kepemilikan publik pada struktur modal tergolong cukup kecil.

 

3. Tidak Adanya Perbaikan Performa Keuangan

 

Selain itu, alasan lain yang juga membuat perusahaan terbuka menjadi perusahaan tertutup karena tidak adanya perbaikan performa keuangan. Hal tersebut biasanya berlangsung dalam kurun waktu tertentu hingga perusahaan melakukan perubahan status.

 

4. Kesulitan Memenuhi Syarat yang Berlaku sebagai Perusahaan Go Public

 

Kemudian, alasan lain yang juga sering membuat perusahaan terbuka memutuskan pergantian status karena sulitnya memenuhi syarat dan peraturan yang berlaku sebagai perusahaan terbuka. Hal tersebut terjadi karena beberapa syarat dan peraturan sebagai perusahaan terbuka cukup kompleks dan rumit.

 

5. Tingginya Pembayaran Pihak Eksternal yang Terkait

 

Terakhir, alasan yang membuat perusahaan terbuka menjadi perusahaan tertutup karena tingginya Pembayaran Pihak eksternal. Pihak-pihak eksternal tersebut biasanya memiliki peranan penting yang pastinya dibutuhkan perusahaan terbuka untuk beroperasi.

 

Beberapa erusahaan terbuka biasanya perlu menyewa pihak tertentu seperti akuntan publik dan konsultan hukum. Sehingga biaya pengeluaran yang perlu dianggarkan cukup besar setiap bulannya untuk membayar jasa mereka.

 

Bagaimana, menarik bukan beberapa informasi terkait pengubahan status dari perusahaan terbuka menjadi perusahaan tertutup? Demikian ulasan singkat mengenai perusahaan go private, semoga bermanfaat.


Bagikan  
  111
0  Komentar

Beri Komentar & Nilai Artikel ini.

Email anda tidak akan ditampilkan

   Hubungi Kami