Detail Info Terkini

Genjot NZE, Kementerian ESDM Konversi 1.000 Motor BBM ke Listrik

22 Juli 2022 | Kategori : Ekonomi

Untuk itu Kementerian ESDM mengundang instansi terkait melakukan Rapat Koordinasi Pilot Project Program Konversi 1.000 Unit Sepeda Motor BBM ke Listrik di Jakarta, Kamis. Selain penandatangan komitmen bersama, rakor juga membahas berbagai tantangan serta solusi dalam mencapai target. 

Dia mengatakan, saat ini Kementerian ESDM sebagai katalisator program konversi telah bekerja sama dengan bengkel-bengkel Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk melakukan pelatihan konversi motor BBM ke listrik. Kerja sama dengan produsen komponen juga dilakukan untuk mendapatkan harga komponen yang ekonomis. 

Sementara itu, tenaga Ahli Menteri ESDM Bidang Ketenagalistrikan Sripeni Inten Cahyani menambahkan program konversi ini merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Joko Widodo yang tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB). 

"Pada rapat internal tanggal 21 Juni 2022, Presiden memberikan pengantar bahwa percepatan pengembangan Energi Baru dan Terbarukan (EBT), mulai dari pembangkit listrik tenaga air, angin, surya, secara paralel dengan konversi kendaraan berbasis BBM ke listrik, percepatan program kendaraan listrik hingga kompor listrik, arahan Presiden, siapkan peraturan atau regulasi yang terkait dengan Electric Vehicle (EV)," kata Inten, Kamis (21/7/2022). 

Dia mengatakan Presiden juga setuju meningkatkan penggunaan EV untuk transportasi umum dan penentuan kota untuk proyek percontohan, seperti Jakarta. 


Bagikan  
  49
0  Komentar

Beri Komentar & Nilai Artikel ini.

Email anda tidak akan ditampilkan

   Hubungi Kami