Detail Info Terkini

Keuntungan dan Kerugian Right Issue Bagi Investor

24 Juli 2022 | Kategori : Saham

Right issue adalah udangan yang biasanya diberikan perusahaan kepada investor yang merupakan pemegang saham. Isinya adalah untuk membeli saham tambahan di perusahaan tersebut. Investor wajib tahu apa keuntungan dan kerugian right issue sebelum memutuskan. 

 

Ada beberapa alasan mengapa perusahaan mengundang investor untuk membeli sahamnya. Jika investor tidak cermat, bukannya untung tapi malah rugi karena bisa saja membeli saham di saat perusahaan mengalami ekonomi buruk. 

 

Apa Saja Keuntungan dan Kerugian Right Issue 

 

Tujuan utama perusahaan melakukan penawaran untuk memperoleh suntikan dana segar dari investor. Investor bisa untung karena harga yang ditawarkan biasanya jauh lebih murah sebelum masuk ke pasar modal. 

 

Disinilah letak kehati-hatian yang harus diperhatikan investor. Harga murah belum tentu kualitas sahamnya bagus. Apabila Anda tidak cermat dalam mengukur kinerja perusahaan bisa jadi mendatangkan kerugian. 

 

Berikut ini keuntungan dan kerugian right issue yang bisa Anda cermati sebelum akhirnya membeli. 

 

Keuntungan Right Issue 

 

Sudah jelas, Anda sebagai pemegang saham bisa membeli saham dengan harga yang murah. Harga ini bisa mendatangkan keuntungan di masa depan selama sudah memperhitungkan dengan baik. 

 

Bahkan jumlah saham yang akan diperoleh bisa sebanding dengan jumlah saham sebelumnya. Harga saham setelah right issue yang naik secara signifikan tentu akan mendatangkan keuntungan bagi Anda yang memutuskan untuk membeli. 

 

Kerugian Right Issue 

 

Anda akan untung jika harga saham meningkat, namun bagaimana jika justru semakin anjlok. Sudah pasti Anda akan rugi. Selain itu munculnya dilusi kepemilikan saham jika right issue tidak ditebus akan sangat merugikan. 

 

Misalnya saja PT. XYZ mengeluarkan 100 lembar saham dengan pembagian A memiliki 45 lembar and 55 lembar adalah milik B. Pada saat terjadi right issue, PT XYZ mengeluarkan 100 lembar saham dan A tidak mengambil kesempatannya. 

 

Padahal B mengambil sebanyak 50 lembar, maka akan terjadi perubahan komposisi pemegang saham. B menjadi pemilik tertinggi sedangkan A tidak. Inilah yang disebut dengan dilusi kepemilikan. 

 

Apa yang Harus Dilakukan Investor saat Right Issue

 

Sebagai investor Anda wajib menyikapi secara bijak soal right issue ini. Tujuannya adalah agar tidak terjerumus dalam kerugian. Berikut ini yang perlu dilakukan investor:

 

1. Apa Tujuan Perusahaan

 

Tujuan right issue bagi perusahaan bukan hanya mendapatkan dana segar tanpa harus berhutang di bank. Perusahaan bisa saja bertujuan untuk melunasi hutang atau restrukturisasi. Laporan keuangan perusahaan jadi acuan yang harus Anda cermati untuk tahu alasannya. 

 

Biasanya untuk pembayaran utang, kecil kemungkinan investor bisa untung baik itu dari segi peningkatan harga saham atau memperoleh deviden. 

 

2. Bagaimana Riwayat Perusahaan 

 

Selanjutnya investor juga harus mengenali bagaimana riwayat dari performa perusahaan tersebut. Apakah perusahaan mampu menghasilkan laba yang semakin meningkat usai mendapatkan suntikan dana. 

 

Anda bisa melihat dari segi ROE perusahaan yang tinggi, itu artinya saham yang dibeli nantinya juga akan menguntungkan. 

 

3. Berapa Harga yang Ditawarkan 

 

Seberapa jauh Anda memiliki kemampuan untuk membeli saham yang ditawarkan juga patut dipertimbangkan. Ada harga yang ideal namun juga tidak. Anda bisa mengecek valuasi harga saham untuk tahu apakah harga tersebut menarik. 

 

Kini Anda sudah tahu apa saja dampak positif dan negatif right issue dan cara menyikapinya. Demi menghindari kerugian right issue selalu berhati-hati untuk mengambil keputusan diperlukan. Apalagi jika Anda masih memiliki tujuan investasi yang cukup panjang. 


Bagikan  
  49
0  Komentar

Beri Komentar & Nilai Artikel ini.

Email anda tidak akan ditampilkan

   Hubungi Kami