Detail Info Terkini

Cara Menjadi Dividen Hunter bagi Investor Smart

24 Juli 2022 | Kategori : Saham

Tidak jarang investor yang jual beli saham demi mendapatkan dividen. Pasalnya jumlah dividen ini bisa mencapai 30 sampai 40%. Anda yang tertarik menjadi dividen hunter tentu harus tahu tips dan triknya yang tepat. 

 

Cara menjadi dividen hunter tergolong tidak mudah, karena harus tahu mana perusahaan yang kerap untung dan membagikan labanya kepada investor. Selain itu jenis dividen pun ada beragam yang perlu Anda perhatikan mana yang benar-benar menguntungkan. 

 

6 Cara Menjadi Dividen Hunter yang Untung 

 

Dividen sendiri adalah rasio laba yang diberikan perusahaan kepada pemegang saham yang merupakan investor mereka. Menjadi pencari dividen harus dimulai dengan mengenali jenis-jenisnya. 

 

Ada dividen tunai yang bentuk pembagian labanya adalah uang tunai. Ada juga dividen saham dimana investor akan memiliki saham tambahan secara gratis. Dividen skrip yaitu laba yang bentuknya surat utang dari perusahaan yang isinya menjelaskan nominal sampai tanggal jatuh tempo.

 

Masih ada juga dividen properti, investor akan memperoleh properti seperti kendaraan atau real estate. Terakhir yang perlu dihindari adalah dividen likuidasi yaitu pengembalian modal kepada investor akibat perusahaan bangkrut. 

 

Setelah mengenali jenis-jenisnya, Anda bisa menyimak cara menjadi dividen hunter sebagai berikut:

 

1. Rutin Mempelajari Fundamental Keuangan Perusahaan 

 

Sebagai dividen hunter Anda harus bisa membaca fundamental keuangan perusahaan. Contoh fundamental yang harus diperhatikan adalah perencanaan pengembangan bisnis. Perusahaan harus bisa menyeimbangkan antara modal dan rencana tersebut. 

 

Alasannya setelah pembagian dividen tentu modal akan berkurang sehingga jangan sampai mengganggu harga saham ke depannya. Anda juga tidak perlu khawatir ketika terjadi penurunan saham usai pembagian dividen karena itu adalah hal yang wajar. 

 

Penyebabnya sendiri adalah tidak semua investor berinvestasi dalam jangka panjang. Selama fundamentalnya bagus maka harga sahamnya akan kembali normal. 

 

2. Besaran Dividen Yield Tidak Selalu Menguntungkan 

 

Cara menjadi dividen hunter adalah dengan memperhatikan dividend yield. Ketahui bahwa tidak selamanya saham dengan dividen yield paling tinggi menguntungkan. Pada saat penawaran dividend yield tinggi Anda juga harus memperhatikan sentimen pasar. 

 

Apabila sentiment negatifnya hanya bersifat sementara maka tidak masalah jika Anda membelinya. Namun apabila fundamental perusahaan beralih ke arah yang buruk maka ini adalah tanda untuk menjualnya. 

 

Dividend yield sendiri terjadi karena dua faktor, pertama adalah tingginya dividen per lembar. Kedua karena harga saham yang kecil sehingga tergolong murah. Oleh karena itulah Anda harus mengecek fundamental perusahaan soal dividend yield ini. 

 

3. Jadwal Pembagian Dividen yang Perlu Diperhatikan 

 

Memperhatikan jadwal pembagian dividen menjadi cara menjadi dividen hunter yang cukup krusial. Emiten akan mencantumkan informasi mengenai pembagian dividen ini kepada masyarakat luas, karena calon investor berhak tahu akan hal ini. 

 

Dividen hunter perlu menelaah lebih lanjut mengenai jadwal pembagian ini karena merupakan peluang yang tidak boleh dilewatkan. Hal ini juga menjadi cara dapat dividen tiap bulan lho. Anda tinggal memperhatikan perusahaan yang membagi dividen setiap bulan. 

 

Mengetahui informasi ini memudahkan Anda untuk bersiap membeli saham perusahaan tersebut. Saat mencermati informasi ini kenali Cum Date yaitu jadwal ketika pemegang saham berhak mendapatkan dividen. Ada juga Ex Date yaitu tanggal pemilik saham tidak berhak lagi mendapat dividen. 

 

Namun ada juga perusahaan yang hanya membagi dividen 1 kali atau dua kali dalam setahun. Meskipun jarak pembagian dividennya jauh namun bukan berarti tidak menjadi pilihan terbaik bagi dividen hunter. 

 

4. Mengecek Kenaikan Dividen 

 

Cara memilih saham dividen yang menguntungkan adalah dengan mengetahui apakah terjadi kenaikan. Investor pemula yang smart pasti akan mencari tahu fundamental perusahaan yang bagus dan informasi peningkatan dividennya. 

 

Perusahaan yang meningkatkan dividen artinya layak untuk diinvestasikan. Kenaikan ini menjadi tanda bahwa perusahaan mampu meningkatkan kinerjanya secara konsisten. Anda bisa mempertimbangkan perusahaan ini untuk investasi jangka panjang. 

 

Bahkan ketika terjadi koreksi harga serta sentimen pasar tidak akan mempengaruhi kinerja perusahaan. Jadi Anda tidak hanya harus memburu saham karena dividen tetapi juga potensi keuntungannya lebih besar. 

 

5. Mengecek Dividen Payout Ratio (DPR) Tunai 

 

Cara menjadi dividen hunter yang tidak kalah penting, Anda juga harus mengecek dividen payout ratio tunai yang didapatkan. Rasio yang bisa lebih dari 100% bisa jadi menyesatkan dan investor tidak jadi untung. 

 

DPR juga bisa dipengaruhi oleh adanya perubahan Earning Per Share (EPS) sehingga perlu untuk berhati-hati dalam menginterpretasikan rasionya. Distorsi EPS biasanya dipengaruhi oleh adanya akuisisi, divestasi, buyback dan masih banyak lagi. 

 

Jika ingin lebih aman Anda bisa mengecek rasio DPR dari persentase free cash flow perusahaan dalam bentuk dividen dalam beberapa tahun sebelumnya. Apabila beberapa tahun terakhir DPR nya terlalu tinggi artinya risiko juga juga meningkat. 

 

6. Menginvestasikan Lagi Hasil dari Dividen 

 

Sudah berhasil mendapatkan keuntungan dari dividen? Jangan bersenang-senang dulu karena Anda masih harus menanamkan kembali sebagai investasi. Khususnya jika Anda mendapatkan dividen tunai. 

 

Jika mendapatkan dividen saham Anda hanya perlu memantau fundamental perusahaan. Apabila menurun tidak masalah jika Anda ingin menjualnya kembali karena dividen ini bebas pajak. 

 

Anda bisa membeli saham dari emiten yang potensinya lebih bagus lagi. Bukan hanya hasil dari dividen, Anda yang berhasil mendapatkan capital gain juga perlu berinvestasi kembali. Berawal dari sinilah keuntungan akan berkali lipat. 

 

Inilah keenam cara menjadi dividen hunter yang perlu Anda cermati. Selalu berhati-hati dalam memilih emiten adalah kuncinya. Anda bisa mencari tahu cara dapat dividen saham yang potensi keuntungannya lebih tinggi dibandingkan tunai. 

 

Selalu cek fundamental perusahaan dan cari tahu informasi lengkap mengenai dividen yang diberikan. Apakah jenis dividennya sesuai dengan yang Anda butuhkan atau tidak. 


Bagikan  
  52
0  Komentar

Beri Komentar & Nilai Artikel ini.

Email anda tidak akan ditampilkan

   Hubungi Kami